Selasa, 08 Maret 2011

Rumus Vlookup

Barusan Adikku si Unyink [Eirma] sms nanyain mengenai Rumus Vlookup, dan beberapa rumus lain tentang Excel.

Postingan kali ini untuk memenuhi janji ku pada dia untuk membuatkan bahan untuk dia belajar. Karena menurutnya dia belum terlalu paham dengan penjelasan guru di sekolahnya.

Ok kita mulai ya :)

Apa itu Fungsi VLOOKUP ??

Vlookup adalah salah satu formula dalam excel yang berfungsi untuk mengambil nilai/data dari sebuah tabel yg berbentuk Vertikal.

Sintak penulisan formula Vlookup adalah :

VLOOKUP(Cell_ygDibaca; Tabel_Data; NoKolomData; 0)
  • Perhatian Pemisah disini kk menggunakan" ; "(titik koma) namun ada juga yg menggunakan " , " (koma). Tergantung dari settingan pada Regeon and Language yg digunakan. Intinya Kalau error pake titik koma ya pake aja koma daripada bikin kamu tambah pusing :D
  • 0(nol) di ujung rumus merupakan Range_lookup, bisa juga di isi False/True. tapi untuk lebih gampangnya, ini abaikan aja dulu isi aja nol yaaaa :)
Hmmm.... sebaiknya langsung praktek yuk :)

Coba buat dulu 2 Tabel seperti gambar berikut ini, perhatikan posisi cell untuk pembuatan tabel agar nantinya hasil rumus tidak berbeda, buat tabel pada sheet yang sama. [ kk asumsikan kamu sudah mengerti mengenai cell, Range, sheet, cara pembuatan tabel dll ] :


Dari 2 tabel di atas, kita akan mencoba mengisi TABEL NOTA dengan hanya memasukkan Kode barang, maka Nama Barang, Harga Satuan, Satuan Pada Jumlah akan otomatis terisi dengan menggunakan rumus Vlookup. [cell-cell yg berwarna Kuning, Hijau dan Biru yg akan kita isi dgn rumus]


BAGAIMANA MENGISI NAMA BARANG.....??
kita akan mengisi Nama barang (kolom C) berdasarkan kode barang yg sudah dituliskan(kolom B).
Nama Barang diambil dari Tabel Data (Range P14:P19)

Letakkan Pointer/kursor pada Cell C4 lalu ketikkan rumus berikut :
=VLOOKUP(B4;P14:S19;2;0)

kalau kita baca rumus diatas maka seperti ini :
"Perhatikan Cell B4 carilah pada Tabel P14:S19 pada kolom ke 2"

kenapa kolom 2 ???
Perhatikan Tabel Data, range yg di pilih adalah P14 s/d S19, berarti ada 4 kolom yaitu
1. kolom P, 2. Kolom Q, 3. Kolom R, 4. Kolom S.
Menghitung Nomer kolom harus dari kiri dan Data sumber yg berisi Data Cell yg nantinya dibaca harus berada di posisi kolom 1 (paling kiri).

Jika Rumus yang anda tulis di Cell C4 benar, maka otomatis Cell tersebut akan berisi kata ROTI

Silahkan di coba untuk Baris2 berikutnya :)


BAGAIMANA MENGISI HARGA.....??
Pada cell D4 ketikkan rumus berikut :
=VLOOKUP(B4;P14:S19;4;0)

artinya : perhatikan cell B4, lihat pada tabel P14 s/d S19 di kolom nomer 4

dari rumus mencari nama barang sebelumnya, yg berbeda hanya pada NoKolomData karena untuk harga barang di dalam tabel Data itu berada di kolom urutan ke 4 (coba dilihatb tabel datanya)

harga yg lain coba kamu cari sendiri rumusnya :)


BAGAIMANA MENGISI Keterangan Satuan Pada Jumlah .....??
Letakkan Pointer/kursor pada Cell C4 lalu ketikkan rumus berikut :
=VLOOKUP(B4;P14:S19;3;0)


SELAMAT MENCOBAAAAAAA........!!!!!!! kalau benar hasilnya jadi begini :




To : Eirma
Ughhh... Pegel kk ngetiknya... sambil diketik sambil di pahami ramusnya ya, semisal rumus
=VLOOKUP(B4;P14:S19;2;0)

Tanya sama diri kamu sendiri kok ini B4 dikasih kenapa ga C4 atau E4, kamu coba aja dan lihat hasilnya.

Range data kok harus P14:S19 kalau semisal di ganti Q14:S19 gimana hasilnya?? perhatikan perubahan pada hasil dari rumus.

kalau masih bingung juga, tunggu kk pulang ke kapuas, nanti kk jelasin lagi :D

ini rumus yg seharusnya :


Sebenarnya untuk Cell dan range dalam rumus bisa saja dgn cara klik/drag cell/range. hanya saja disini kk mau kamu benar2 mengerti dan tau fungsi cell dan range, jadi sambil belajar vlookup sekalian diharapkan kamu semakin mengerti membaca tabel baik itu cell maupun range.

Rumus juga bisa di copy tanpa harus ketik satu2, tapi kalau gitu kamu jadi kurang latihannya :)
lagian kalau di copy range Tabel Data harus di Absolutkan / Mutlakkan dulu,..... hmmmm pasti bingung lagi. kalau gak hasilnya jadi ngaur. coba aja kalau gak percaya.

Gimana membuat rumusnya bisa di copy dan hasil ga kacau... Sambung natinya aja yaaaaa :)

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates